Tue Jun 11 2024

Kolaborasi Organisasi Pendamping dalam Peningkatan Kualitas Layanan Korban PHB

Diunggah oleh supervisor_humas

Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Achmadi, melakukan pertemuan dengan organisasi pendamping korban Pelanggaran HAM yang Berat (PHB) di wilayah Surakarta pada Jumat (07/06/2024).

Achmadi berkunjung ke kantor Yayasan YAPHI (Yekti Angudi Piadeging Hukum Indonesia) dan Sekretariat Bersama’65 (Sekber 65) di Surakarta untuk berdiskusi, menerima aspirasi dari para pendamping korban dan membuat catatan evaluatif.

Achmadi mengatakan, tujuan lainnya dari kunjungan ini juga untuk menginventarisasi masukan dari harapan pendamping korban dalam rangka perbaikan kualitas layanan dan perbaikan kebijakan LPSK berkenaan dengan layanan bagi korban PHB.

“Pada dasarnya LPSK memiliki pemahaman yang sama dengan organisasi pendamping korban terkait dengan pelaksanaan bantuan psikososial yang perlu melibatkan instansi terkait yang berwenang baik di instansi di pusat maupun di provinsi atau kabupaten /kota,” ungkapnya.

Mengenai Inpres nomor 2 Tahun 2023, LPSK akan mengupayakan pertemuan dengan Kemenpolhukam (Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan), jelas Achamdi.

Dalam pertemuan tersebut, organiasi pendamping berharap Inpres dapat berlanjut pelaksanaannya dan terus dapat mengakses layanan korban melalui LPSK. Mereka berharap LPSK bersinergi dan bekerja kolaboratif dengan Pemkot Surakarta untuk pelaksanaan layanan, seperti kebutuhan mengakses rusunawa di Surakarta.

Selain itu, organisasi pendamping mengusulkan adanya MoU untuk memudahkan proses permohonan dan layanan kepada korban. Mereka juga meminta penguatan Sahabat Saksi Korban LPSK untuk melakukan pendampingan korban dan memberikan dukungan operasional kepada para pendamping.

Menjawab hal tersebut, dengan tegas Achmadi mengatakan, kerjasama LPSK dengan oganisasi pendamping korban lebih dari sekedar MoU. “LPSK akan memberikan penghargaan kepada organisasi pendamping sebagai apresiasi kami yang sudah setia mendampingi korban PHB dan mendukung LPSK dalam memberikan layanan,” pungkasnya

(021) 29681560
lpsk_ri@lpsk.go.id