Fri Jun 21 2024

LPSK Kenalkan Sahabat Saksi dan Korban, Kapolda Maluku Minta Anggotanya turut Dibekali Pengetahuan

Diunggah oleh supervisor_humas

AMBON – Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Wawan Fahrudin didampingi Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Humas LPSK Sriyana, bertemu dengan Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif di ruang kerjanya, Mapolda Maluku, di Ambon, Kamis (21/6-2024).

Mengenalkan kegiatan Prioritas Nasional: Perlindungan Saksi dan Korban Berbasis Komunitas – Sahabat Saksi dan Korban, menjadi agenda utama yang diusung Wakil Ketua LPSK dalam pertemuan itu. Selain membahas kerja sama dan dukungan Polda Maluku dalam pelaksanaan perlindungan saksi dan korban yang dijalankan LPSK.

Pengenalan Sahabat Saksi dan Korban kepada unsur penegak hukum, menjadi bagian dari rangkaian sosialisasi dan diseminasi informasi kegiatan Prioritas Nasional: Perlindungan Saksi dan Korban Berbasis Komunitas – Sahabat Saksi dan Korban, untuk wilayah Maluku, yang dimulai sejak Selasa-Sabtu (19-22 Juni 2024) di Kota Ambon.

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif mengapresiasi terobosan LPSK dalam meningkatkan akses keadilan bagi masyarakat, mengingat masyarakat Maluku yang tersebar di sejumlah pulau. Kehadiran Sahabat Saksi dan Korban diharapkan dapat bersinergi dan bahu-membahu dengan penegak hukum dalam penegakan hukum.

Lebih lanjut Latif menambahkan, pihaknya juga berharap LPSK dapat membantu dalam meningkatkan kapasitas penyidik terkait regulasi dan praktik perlindungan saksi dan korban dalam proses peradilan pidana, khususnya tentang regulasi-regulasi terbaru dalam praktik perlindungan saksi dan korban.

“Anggota (Polda Maluku) kita juga butuh peningkatan kapasitas. Kami harap LPSK bisa menyiapkan forum khusus untuk itu, bisa berbentuk diskusi singkat (satu jam) dengan beberapa slide paparan,” kata Latif.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi saat ini, lanjut Latif, diskusi yang dimaksud bahkan bisa mengikutsertakan semua penyidik di lingkungan Polda Maluku, bahkan hingga tataran polres dan polsek yang tersebar di beberapa pulau yang menjadi wilayah hukum Polda Maluku.

Terkait permintaan Kapolda tersebut, Wakil Ketua LPSK Wawan Fahrudin pun menyambut baik usulan Kapolda Maluku untuk bekerja sama dalam meningkatkan kapasitas anggota. Hal itu selaras dengan program kerja di LPSK, yang salah satunya meningkatkan koordinasi dengan aparat penegak hukum.

“Salah satu yang biasa kita lakukan dalam pelaksanaan kerja sama dan peningkatan koordinasi dengan mitra, termasuk penegak hukum, yaitu sosialisasi tentang regulasi dan mekanisme perlindungan saksi dan korban. Jadi, apa yang disampaikan Kapolda sangat kita sambut baik dan segera kita jadwalkan,” ujar Wawan.(*)

(021) 29681560
lpsk_ri@lpsk.go.id