Mon Oct 16 2023

21 Tahun Peringatan Bom Bali, Ketua LPSK Ajak Elemen Masyarakat Tangkal Terorisme

Diunggah oleh admin

#21Tahun Peringatan Bom Bali
Ketua LPSK Ajak Elemen Masyarakat Tangkal Terorisme

Tepat 21 tahun lalu, 12 Oktober 2023, kejadian memilukan sekaligus memalukan terjadi. Sebuah ledakan besar menggetarkan Bali, destinasi wisata kebanggaan yang menjadi tujuan wisatawan.

Memilukan karena peristiwa tragedi kemanusiaan ini menyebabkan penderitaan tiada tara bagi korban dan keluarga. Memalukan karena selain mengguncang dunia, peristiwa itu membalikkan pandangan terhadap Indonesia yang damai dan sangat menghargai perbedaan

Pada peringatan di Monumen Tragedi Bom Bali (Ground Zero), Kamis (12/10-2023), Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo Suroyo mengajak masyarakat untuk membangkitkan dan menjaga perdamaian serta melakukan pencegahan tindakan ekstrimisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme.

Menurut Hasto, dalam memerangi kejahatan terorisme diperlukan kerja bersama semua pihak terkait. Penegak hukum seperti Densus 88, termasuk LPSK dan BNPT, harus bahu-membahu dan bersatu-padu mencegah peristiwa–peristiwa teror agar tidak terulang kembali.

Pada kesempatan itu juga, Hasto juga mengungkapkan, saat ini banyak penyintas tangguh dari peristiwa ini yang telah berdamai dengan dirinya, kemudian membagikan pengalaman mereka untuk menciptakan harapan yang positif, membuat kehidupan yang lebih bermakna, mengubah penderitaan yang dirasakan menjadi sebuah berkah untuk melanjutkan hidupnya serta meningkatkan kesadaran tentang dampak jangka panjang dari tindak pidana terorisme.

HUMAS LPSK


(021) 29681560
lpsk_ri@lpsk.go.id